Lele sangkuriang

Keunggulan Ikan Lele Sangkuriang Untuk Bisnis Rumahan

Budidaya lele sangkuriang akhir-akhir ini mulai merambah di kalangan para pecinta lele. Budidaya lele rumahan dianggap lebih banyak mendapatkan keuntungan daripada membudidayakan ikan lainnya seperti dumbo. Lele memiliki banyak jenisnya, salah satu jenis lele yang paling banyak dibudidayakan adalah lele sangkuriang.

Budidaya lele jenis ini tengah banyak digeluti oleh para pembudidaya ikan. Lele ini termasuk jenis lele jumbo dan jika diperhatikan lebih lanjut, lele sangkuriang memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh lele jumbo lainnya.

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh lele sangkuriang seperti tahan terhadap serangan penyakit, merupakan lele yang mudah dibudidayakan bahkan termasuk kategori lele jumbo yang paling mudah dibudidayakan, panen yang lebih cepat, dari segi kualitas daging lebih unggul, dan masih banyak keunggulan lainnya.

2 Keunggulan Ikan Lele Sangkuriang Untuk Bisnis Rumahan

Jika diatas kita hanya membahas mengenai keunggulan secara sekilas saja, di bawah ini kita akan mengulas satu per satu dari keunggulan dari lele sangkuriang tersebut. Simaklah uraian di bawah ini.

Umur Panen lebih cepat

Pemanenan yang lebih cepat daripada jenis lele jumbo lainnya merupakan salah satu keunggulan dari lele sangkuriang. Cepatnya masa panen berarti akan cepat pula kita mendapatkan keuntungan dari hasil budidaya ini. Jika dijumlahkan seluruhnya, lamanya waktu pemeliharaan dari lele jenis ini adalah 55 hari saja sejak benih di tebar.

Berbeda dengan lele jumbo lainnya yang pada umumnya membutuhkan waktu yang lebih lama. Di setiap daerah, masa panen lele sangkuriang berbeda-beda. Di daerah yang memiliki suhu harian sekitar 27 derajat celcius kebawah masa panennya adalah 55 hari.

Sedangkan untuk daerah yang memiliki suhu harian 36-37 derajat celcius umumnya masa panennya lebih singkat dibandingkan dengan daerah yang memiliki suhu harian sekitar 27 derajat celcius. Masa panen dari lele ini jika di daerah yang memiliki suhu sekitar 36-37 hari adalah kurang lebih 46 hari.

Produksi yang Lebih tinggi

Keunggulan selanjutnya yang dimiliki oleh lele sangkuriang adalah produksi yang lebih tinggi. Tidak dipungkiri bahwa lele ini merupakan lele yang memiliki tingkat produksi yang lebih tinggi daripada lele pada umumnya.

Dalam hal pemberian pakan, lele sangkuriang dengan lele jumbo jenis lainnya sama. Tetapi hasil yang akan kita peroleh antara kedua jenis lele tersebut berbeda. Sebagai contohnya, pemberian pakan pada lele jenis ini adalah satu ton untuk memberikan pakan sekitar sepuluh ribu lele.

Nantinya hasil yang akan kita peroleh adalah sekitar satu ton bahkan mencapai satu ton lebih. Sedangkan untuk lele jumbo lainnya jika kita memberikan pakan dengan kualitas yang sama dan berat yang sama tetapi hasilnya berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *